1 Des 2020

Aplikasi pengolah Gambar Dengan Ms. Paint

Diposting oleh Bali Blogger

Microsoft Paint

Menggambar memang mengasyikan, apalagi bagi kita-kita yang memang hobi menggambar. Apa saja ingin kita gambar, pemandangan, binatang, pesawat terbang, kapal, kereta api, dan lain-lain.



Menjalankan Aplikasi Paint

Nah, kali ini kita akan menggambar menggunakan Microsoft Paint, karena program sederhana ini sudah terinstall pada MS Windows.

Langkah-langkah menjalankan Program Aplikasi Paint adalah :

  1. Buka program Microsoft Paint dengan klik tombol Start yang ada di taskbar
  2. Klik Menu All Program, Accessories, Paint
  3. Jendela Paint akan ditampilkan.

Gambar Langkah-langkah menjalankan Program Aplikasi Paint


Gambar Program Aplikasi Paint


Jendela Paint

Jendela Paint terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi tertentu. Penjelasan mengenai elemen-elemen dasar paint (Tool-tool pada Toolbox), akan dibahas sebagai berikut:


Baris Judul (Title Bar)

Baris judul (title bar) berisi nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Baris judul ini dapat juga digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang kita inginkan.





Baris Menu (Menu Bar)
Baris menu (menu bar) berisi barisan perintah seperti menu File, Edit, View, Image, Colors, dan Help.



Kotak Peralatan (Tool Box)

Kotak peralatan (tool box) berisi barisan perintah Pencil tool, Fill with color, Text tool, Eraser tool tool, Pick tool dan Magnifier


Kotak Pilihan Warna (Color Box)

Kotak pilihan warna (color box) berisi warna-warna yang menyediakan aneka warna untuk berkreasi. Warna foreground dan background dapat dipilih dari palet warna yang sama. Untuk memilih warna foreground setelah memilih tool gambar yang dikehendaki, klik kiri warna yang kita pilih. Sedangkan untuk memilih warna background klik kanan warna yang dikehendaki.



Mengatur Tampilan Jendela Paint

Kita dapat mengatur tampilan jendela paint agar sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita. Yang dimaksud mengatur tampilan jendela paint adalah mengatur ditampilkan atau tidaknya bagian-bagian dari jendela paint sehingga kita mempunyai jendela paint dengan bagian-bagian yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Pada sub menu ini, dibahas bagaimana mengatur tampilan jendela paint.

Untuk mengatur lembaran kerja agar tampil lebih besar atau lebih kecil digunakan perintah Zoom. Bila kita memperbesar tampilan lembaran kerja, maka teks dan gambar yang terdapat di lembaran kerja tersebut akan kelihatan lebih besar, namun bagian lembaran kerja yang dapat ditampilkan di layar monitor akan lebih sedikit.

Sebaliknya, apabila kita memperkecil tampilan lembar kerja, maka teks dan gambar yang terdapat di lembaran kerja akan kelihatan lebih kecil, namun bagian lembaran kerja yang ditampilkan akan lebih banyak.

Langkah-langkah yang dapat diikuti untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembaran kerja adalah sebagai berikut : Dari menu View, klik Zoom in atau Zoom out !



Beberapa Ikon, Perintah dan Keterangan (fungsi)



0 komentar:

Posting Komentar

 

Asna Susanto Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review